Rangkuman Lengkap Fakta Unik Mengenai Harimau

Leave a Comment
Ada fakta-fakta unik tentang harimau yang bisa jadi belum diketahui. Fakta berikut akan menjelaskan mengenai berbagai jenis harimau, seberapa besar mereka, seberapa cepat mereka lari, bagaimana mereka berburu dan banyak lagi. Berikut adalah berbagai fakta menarik tentang harimau dan anaknya mereka:

Harimau adalah spesies terbesar dari keluarga kucing

Harimau adalah hewan paling besar dalam keluarga kucing bahkan ukurannya lebih besar ketimbang singa. Harimau terbesar di dunia berasal dari Siberia, sedangkan harimau terkecil berasal dari Malaya.
Berat harimau jantan bahkan bisa mencapai dan 320 kg, sedangkan berat harimau betina bisa mencapai 180 kg. Panjang harimau jantan biasanya mencapai 3,3 meter, sedangkan panjang harimau betina antara 2,3 sampai 2,75 meter.

Tidak Semua wilayah di dunia merupakan habitat asli harimau

Penamaan subspesies harimau berdasarkan habitat aslinya. Subspesies harimau termasuk harimau Sumatera, harimau Siberia, harimau Bengal, harimau Cina Selatan, harimau Malaya dan harimau Indocina. Sebagai contoh harimau sumatera adalah harimau yang habitat aslinya berada di pulau Sumatera.

Harimau Sumatera

Ciri khas harimau Sumatera

Harimau Sumatera memiliki ciri khas warna lebih gelap dibanding subspesies lain. Pola hitamnya lebar dan berhimpitan. Panjang dari kepala sampai ekor mencapai 250 cm dengan berat sekitar 140 kg. Dibanding dengan subspesies harimau lain, belang harimau sumatera jauh lebih tipis. Harimau sumatera jantan memiliki lebih banyak banyak janggut dibandingkan subspesies lain.

Ciri Khas Harimau Siberia

Harimau Siberia, merupakan subspesies harimau terbesar di dunia. Panjang rata-rata harimau Siberia bisa mencapai 3,3 m. Harimau Siberia jantan dewasa beratnya bisa mencapai 320 kg, sedangkan betina beratnya mencapai 180 kg.
Ciri khas Harimau Siberia adalah belang mereka yang mirip dengan sidik jari. Maksudnya  tidak ada harimau Siberia yang memiliki pola belang yang sama. Harimau Siberia berbeda dari harimau lain karena mereka memiliki sedikit belang. Selain bulunya yang tebal, harimau Siberia memiliki surai yang membantu menjaga tubuh mereka tetap hangat karena tinggal di daerah dingin (daerah bersalju).

Ciri khas Harimau Bengal

Harimau Bengal ditemukan di India serta Bangladesh dan dikenal bisa hidup di daerah panas gurun dan padang rumput yang basah. Kemampuan hidup di dua iklim yang berbeda ini adalah ciri khas harimau Bengal.
Harimau Bengal jantan dewasa bisa mencapai berat hingga 226 kg sedangkan yang betina mencapai 140 kg. Ciri khas lain, harimau Bengal memiliki ekor yang sangat panjang dan kepala yang lebih besar dibandingkan dengan spesies lainnya.

Ciri Khas Harimau Cina Selatan

Harimau Cina Selatan memiliki warna yang sangat mencolok dengan belang-belang hitam di atasnya. Ada juga bulu warna putih di wajah dan perut yang memanjang hingga ke kaki.

Ciri Khas Harimau Indocina

Harimau Indocina ditemukan di daerah Vietnam, Thailand, Cina, dan Kamboja. Harimau Indocina jantan dewasa dapat mencapai berat 140 hingga 195 kg sedangan betina dewasa 130 kg.

Belang harimau Indocina sangat tipis dibandingkan dengan spesies lainnya. Warna bulu mereka oranye mirip dengan harimau Bengal.

Ciri Khas Harimau Malaya

Harimau Malaya ditemukan di Semenanjung Malaya Malaysia. Subspesies ini diakui baru diakui sejak tahun 2004. Ukuran tubuh mereka sangat kecil dibandingkan semua spesies harimau. Ciri fisik harimau Malaya mirip dengan Harimau Sumatera.

Banyak subspesies harimau yang sudah langka atau sudah punah

Empat subspesies harimau kini terancam punah dan dua lainnya sudah hampir punah sama sekali. Manusia adalah penyebab utama masalah ini karena mereka melakukan perburuan dan perusakan habitat. Sementara ada lebih harimau yang dipelihara secara pribadi daripada yang ada di alam liar. Salah satu contoh fakta tersebut adalah harimau sumatera yang populasi liarnya diperkirakan hanya tersisa antara 400-500 ekor.

Harimau hewan mandiri

Anak harimau meninggalkan ibu mereka ketika mereka berumur sekitar 2 tahun. Ketika dewasa harimau biasanya berburu sendirian di malam hari. Harimau juga cenderung penyendiri sehingga mereka tidak berburu secara berkelompok seperti singa. Namun harimau suka berbagi mangsanya dengan harimau lain. Hal ini menandakan bahwa mereka berkomunikasi satu sama lain.

Harimau adalah perenang yang baik

Harimau dapat berenang hingga sejauh 6 kilometer. Kemampuan berenang yang sangat baik hal ini karena mereka memiliki selaput di sela-sela jarinya. Selaput inilah yang menjadikan harimau bisa berenang dengan cepat. Pada siang hari mereka bersantai di kolam atau sungai. Mereka mencari air untuk mendinginkan tubuh mereka.

Harimau putih merupakan gen yang sangat langka

Harimau putih hanya muncul 1 dalam setiap 10.000 kelahiran harimau. Harimau putih sangat langka di alam liar. Harimau putih terjadi karena mutasi gen atau perkawinan sedarah. Oleh karena itu harimau putih umumnya cenderung mengalami masalah kesehatan serta cacat fisik dibandingkan jenis harimau lain.


Harimau Pemburu yang ulung

Kurang dari 10% dari perburuan harimau berakhir dengan sukses. Hal ini karena Kecepatan lari harimau bisa mencapai kecepatan hingga 65 kilometer per jam. Harimau juga bisa melompat lebih dari 5 meter. Mereka juga bisa meloncat ke depan sejauh 30 meter yang memudahkan mereka mencari dan menyerang mangsanya.

Harimau adalah hewan Nasional

Di beberapa negara berbagai subspesies harimau ditetapkan sebagai hewan nasional seperti di Bangladesh, India, Korea Utara, Korea Selatan dan Malaysia.

Harimau Hibrida

Harimau yang berkembang biak dengan singa melahirkan hibrida yang dikenal sebagai tigons dan ligers. Liger adalah persilangan antara singa dan harimau (lion dan tiger). Sedangkan tigon adalah persilangan singa betina dan seekor harimau jantan. Sebagian besar dari harimau hibrida ini dikembangbiakkan di penangkaran. Penciptaan hibrida tersebut sangat umum dilakukan di kebun binatang di seluruh China.

Tiger berarti "panah"

Kata harimau berasal dari bahasa Yunani "tigris", yang berasal dari kata Persia yang berarti panah, mungkin nama itu terjadi karena perbandingan antara kecepatan hewan dan panah, atau karena sungai Tigris.

Harimau memangsa manusia


Harimau telah membunuh lebih banyak manusia daripada kucing lain di dunia. Hal ini disebabkan karena manusia telah merusak habitat mereka. Kecenderungan umum sebenarnya harimau lebih memilih menghindar jika bertemu dengan manusia.
Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar